Contoh laporan PPLK Pendidikan SMA Ekasakti Padang

LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN KEPEDIDIKAN MAHASISWA DI SMA EKASAKTI PADANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Diajukan Guna Memenuhi Salah Satu Persyaratan Laporan Akhir PPLK Mahasiswa

UNES




Oleh:

abcd
1210003722000

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS EKASAKTI
PADANG
2015


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Pelaksanaan PPLK
Universitas Ekasakti (UNES) Padang sebagai salah satu universitas swasta di Sumatera Barat yang memiliki program kependidikan, berupaya untuk guru dan calon guru yang profesional. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK). Dimana PPLK merupakan kegiatan intra kurikuler dan merupakan mata kuliah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa yang mengambil Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) yang merupakan kegiatan pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, keterampilan yang diperoleh di perguruan tinggi khusus kependididikan.
Program Pengalaman Lapangan Kependidikan ini merupakan salah satu dari mata kuliah Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK)  dan wajib diambil bagi mahasiswa yang ingin menjadi seorang guru. Program ini sengaja dirancang tidak hanya untuk membekali mahasiswa tetapi juga melatih mereka dan menguasai kemampuan menjadi seorang guru yang utuh dan terintegrasi.
Sejalan dengan program mahasiswa kependidikan yang berlaku di Universitas Ekasakti (UNES) Padang, setiap mahasiswa harus mengikuti mata kuliah Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) kurang lebih selama 4 bulan. Dalam PPLK ini diharapkan mahasiswa dapat meninjau langsung keadaan di sekolah dan menerapkan ilmu yang telah diperolehnya di Universitas.
Kegiatan yang dilaksanakan selama PPLK meliputi kegiatan mengajar (teaching) dan non mengajar (non teaching). Kegiatan mengajar merupakan kegiatan yang berhubungan langsung dengan proses pembelajaran peserta didik yaitu mengajar di kelas. Sedangkan kegiatan non mengajar adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengelola pendidikan.
Adapun yang menjadi tujuan dari  Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) adalah sebagai bekal bagi seorang calon pendidik dalam melaksanakan tugas kependidikan baik di lingkungan formal maupun di lingkungan nonformal serta diharapkan calon pendidik siap dalam melaksanakan pelayanan kependidikan yang profesional dan bertanggung jawab kepada masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan dan untuk memberikan pengalaman baru bagi calon guru serta meningkatkan mutu dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Sebelum melakukan tugas kependidikan, mahasiswa PPLK diberi kesempatan untuk  mengamati lingkungan sekolah,baik lingkungan fisik maupun sarana dan prasarana yang ada di sekolah tempat pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK)  serta  mengamati proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru pamong di kelas. PPLK ini dilaksanakan secara terjadwal. Dimana pengamatan ini dilakukan sejak tanggal 10 Agustus sampai 28 November 2015. Hasil pengamatan tersebut kemudian dilaporkan dalam bentuk “ Laporan Kegiatan  Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) di  SMA Ekasakti Padang”

Untuk yang lengkap silahkan download BAB I- BAB V. 
yang ingin melihat lampiran perangkat pembelajaran terbaru 2016 bisa d lihat di postingan sebelum nya atau klik disini

0 Response to "Contoh laporan PPLK Pendidikan SMA Ekasakti Padang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel